Oleh: soedrajad | Agustus 7, 2008

Animasi.

Animasi dengan laju 10 frame per detik

Animasi dengan laju 10 frame per detik

Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Animasi seekor kuda buatan Edward Muybridge

Animasi seekor kuda buatan Edward Muybridge

Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik. meskipun demikian, nyatanya animasi di Indonesia jauh tertinggal dengan negara lain seperti Jepang.

Membuat animasi suatu molekul tidak bisa disamakan dengan membuat animasi biasa. Semua proporsi gerakan harus terhitung dengan tepat. Walaupun sampai dengan saat menulis ini saya juga belum bisa membuat satupun animasi biasa yang menarik. Tapi dengan program hyperchem saya sedikit bisa membuatnya dengan hanya klak-klik sana sini. Ok langsung tancap gas aja deh…

Diasumsikan pada komputer telah terinstall program hyperchem, microsoft office powerpoint ditambah add-ins liveweb for powerpoint.

  1. Buka program hyperchem yang terinstall
  2. Buat model molekul tertentu, saya contohkan membuat ‘Alanin’ yang bisa diambil dari Menu Databases > Amino acid…>> klik ‘Ala’ > tutup tampilan jendela pop-up.
  3. Klik menu Build > Add H & Model Build
  4. Klik menu Setup > pilih Semi-empirical… Pilih Model PM3 > Ok
  5. Agar molekul tampak sebagai model 3 Dimensi lakukan rendering dgn klikmenu Display > Rendering > pilih atom rendering ‘Ball & Cylinders’ > Ok
  6. Klik menu Compute > Geometry Optiazion…> Ok … eits tunggu proses optimasi hingga selesai.
  7. Klik menu Compute > Vibration, Rotation Analysis. Tunggu proses perhitungan hingga selesai.
  8. Klik menu Compute > Vibrational Spectrum… dan pastikan Animate vibration tercentang > klik Ok.
  9. Selesai…

Untuk menyisipkannya di powerpoint (seperti pada tulisan sebelum-nya) maka animasi molekul yang dibuat tadi harus disimpan dalam format html/htm. Caranya:

  1. Klik File > Save as HTML > ketik nama file. Jangan lupa ubah beberapa detail dan HTML options.
  2. Pastikan untuk HTML option terpilih Struktur plus Normal modes.
  3. Pada HTML file details pastikal bahwa pada bagian molekul terpilih Cylinders > Ok > Save

Buka file yang dibuat tadi dengan internet explorer atau browser lainnya. pastikan pada internet explorer activeX control teraktifkan, jika belum aktif klik saja bagian tanda peringatan yang muncul tepat di bagian bawah menu internet explorer. Pilih Allow Blocked Content > Yes dan jika semua sukses maka animasi vibrasi molekul yg dibuat akan muncul dengan gerakan vibrasi-nya.

Selamat mencoba…


Tinggalkan komentar

Kategori